Sponsor Advertisement

Biografi Iwan Fals

Biografi Iwan Fals


Hai Kawan-kawan sudah lama saya tidak memposting artikel. Nah kali ini saya ingin memposting tentang kehidupan Om Iwan Fals. Semua orang pasti tahu dengan beliau, namun tidak semua tahu bagaimana kisah hidup dan fakta-fakta tentang beliau. Semoga bermanfaat bagi para pembaca. :D




Iwan Fals memiliki nama lengkap Virgiawan Listanto. Beliau lahir di lahir di Jakarta, 3 September 1961. Iwan Fals adalah seorang penyanyi dengan aliran Country dan Balada. Lagu-lagu beliau berisikan tentang potret kehidupan tahun 1970 hingga sekarang. Lagu-lagu Iwan Fals banyak yang merupakan kritikan terhadap perilaku seseorang (seperti Wakil Rakyat, Tante Lisa), dan penggambaran bencana besar yang melanda Indonesia.

Iwan Fals pernah aktif di dunia olah raga, yakni karate. Beliau pernah meraih gelar Juara II Karate Tingkat Nasional dan Juara IV Karate Tingkat Nasional 1989. Bahkan sempat menjadi pelatnas dan melatih karate di kampusnya STP (Sekolah Tinggi Publistik)

Iwan Fals menjadi satu-satunya musisi yang sangat fenomenal di masanya. Sehingga beliau dipuja oleh kaum "akar rumput". Para penggemar fanatik Iwan Fals bahkan mendirikan sebuah yayasan pada tanggal 16 Agustus 1999 yang disebut Yayasan Orang Indonesia atau biasa dikenal dengan seruan OI. Yayasan ini mewadahi aktivitas para penggemar Iwan Fals. Hingga sekarang kantor cabang OI dapat ditemui di setiap penjuru nusantara dan beberapa bahkan sampai ke mancanegara.

Iwan Fals sering berurusan dengan pihak keamanan karena lagu-lagunya yang mengganggu stabilitas negara. Pada tahun 80'an sering kali konser-konser beliau disabotase (pemadaman listrik) dan bahkan dibubarkan paksa. Pada bulan April tahun 1984 Iwan Fals harus berurusan dengan aparat keamanan dan sempat ditahan dan diinterogasi selama 2 minggu gara-gara menyanyikan lirik lagu Demokrasi Nasi dan Pola Sederhana juga Mbak Tini pada sebuah konser di Pekanbaru. Sejak kejadian itu, Iwan Fals dan keluarganya sering mendapatkan teror. Hanya segelintir fans fanatik Iwan Fals yang masih menyimpan rekaman lagu-lagu ini, dan sekarang menjadi koleksi yang sangat berharga.

Saat bergabung dengan kelompok SWAMI dan merilis album bertajuk SWAMI pada 1989, nama Iwan semakin meroket dengan mencetak hits Bento dan Bongkar yang sangat fenomenal. Perjalanan karier Iwan Fals terus menanjak ketika dia bergabung dengan Kantata Takwa pada 1990 yang didukung penuh oleh pengusaha Setiawan Djodi. Konser-konser Kantata Takwa saat itu sampai sekarang dianggap sebagai konser musik yang terbesar dan termegah sepanjang sejarah musik Indonesia.

Ada sebuah lagu yang diciptakan Iwan Fals yang pada saat itu berusia 21 tahun. Semua pasti sudah tahu dengan lagu "Galang Rambu Anarki" yang beliau ciptakan untuk menyambut kelahiran anaknya. Namun sangat menyedihkan anak kesayangannya itu meninggal di usia yang masih muda 15 tahun. Hal itu membuat Iwan Fals berhenti sejenak dalam dunia musik.

Namun kini beliau kembali aktif dan semua lagu-lagu beliau tidak pernah hilang dimakan jaman. Buktinya adik saya yang berusia 12 tahun saja mengenal lagu-lagu beliau. Semoga Om Iwan Fals dapat selalu berkarya dan diberi kesehatan. Tanpa beliau Indonesia tidak akan bisa menjadi lebih baik.
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment