Popular Post

Posted by : renn nathan 23 Feb 2013

Akibat dan Dampak dari Pemanasan Global (Global Warming)




Sebelum masuk ke dalam akibat dari global warming, kita wajib tahu apa itu global warming.
Pemanasan global atau Global Warming adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan Bumi.

Bagaimana sih terjadinya global warming? Ini dia gambarnya :



Akibat dan Dampak dari Pemanasan Global (Global Warming) :



1. Kenaikan permukaan air laut di seluruh dunia.

Para ilmuwan memprediksi kenaikan permukaan air laut di seluruh dunia karena mencairnya dua lapisan es raksasa di Antartika dan Greenland, terutama di pantai timur AS.


2. Korban akibat topan badai yang semakin meningkat.

Tingkat keparahan badai seperti angin topan dan badai semakin meningkat, dan penelitian yang dipublikasikan dalam Nature mengatakan:
"Para ilmuwan menunjukkan bukti yang kuat bahwa pemanasan global secara signifikan akan meningkatkan intensitas badai yang paling ekstrim di seluruh dunia. Kecepatan angin maksimum dari siklon tropis terkuat meningkat secara signifikan sejak tahun 1981.Hal tersebut diperkirakan didorong oleh suhu air laut yang semakin meningkat, tidak mungkin mengalami penurunan dalam waktu dekat.


3. Gagal panen besar-besaran.

Menurut penelitian terbaru, sekitar 3 miliar orang di seluruh dunia harus memilih untuk pindah ke wilayah beriklim sedang karena kemungkinan adanya ancaman kelaparan akibat perubahan iklim dalam 100 tahun. Hal ini menyebabkan perubahan suasana lebih ekstrim antara banjir dan kekeringan." Menurut Guardian,…pemanasan global menyebabkan 300.000 kematian per tahun.


4. Kepunahan sejumlah besar spesies.

Menurut penelitian yang dipublikasikan dalam Nature, peningkatan suhu dapat menyebabkan kepunahan lebih dari satu juta spesies. Dan karena kita tidak bisa hidup sendirian tanpa ragam populasi spesies di Bumi, ini akan membawa dampak buruk bagi manusia.


5. Hilangnya terumbu karang.

Sebuah laporan tentang terumbu karang dari WWF mengatakan bahwa dalam skenario terburuk, populasi karang akan runtuh pada tahun 2100 karena suhu dan keasaman laut meningkat. 'Pemutihan' karang akibat kenaikan suhu laut yang terus-menerus sangat berbahaya bagi ekosistem laut, dan banyak spesies lainnya di lautan bergantung pada terumbu karang untuk kelangsungan hidup mereka.



Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi teman-teman dan membuka mata kita semua bahwa dunia ini sudah semakin tua jadi jangan kita semakin merusaknya. Kalau cuaca panas kita pasti ngomel bukan? Nah alangkah baiknya kalau kita merubah gaya hidup kita yang merusak lingkungan. Dengan begitu bumi akan kembali baik dan kita juga yang akan merasakannya. :D


Sumber gambar dan akibat global warming :
http://mafdilmuhammad.wordpress.com
http://www.tipsmu-tipsku.com

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © About Everything - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -