Sponsor Advertisement

All About Igo Go Baduk Weiqi

All About Igo Go Baduk Weiqi




Pada postingan kali ini, saya ingin memperkenalkan kepada teman-teman apa itu igo. Saya sendiri mengenal igo sudah sejak SD, namun baru bulan april 2013 ini saya mulai belajar bermain igo. Saya sendiri mengenal igo pertama kali saat menonton sebuah anime Hikaru no Go. Saat awal tahun 2013 saya menontonnya lagi dan sekarang jadi jatuh cinta.

 

Apa sih igo itu?

Igo, go, weiqi, atau baduk adalah permainan papan strategis antar dua pemain, berasal dari Tiongkok sekitar 2000 SM sampai 200 SM. Permainan ini sekarang populer di Asia Timur. 

Nama lain igo itu apa?


Di Indonesia, nama igo dan go sama-sama digunakan, namun yang saya tahu kami biasa memanggilnya IGO. Go adalah nama Inggrisnya yang berasal dari pelafalan bahasa Jepang aksara 碁 (go), walaupun di Jepang permainan ini biasa disebut 囲碁 (igo). Namanya di bahasa Tionghoa yaitu 圍棋 (trad.)/围棋 (sed.) (pinyin: wéiqí) kurang lebihnya berarti "permainan papan mengelilingi (wilayah)". Nama kunonya adalah 弈 (pinyin: yì), dan juga terdaftar dalam Kamus Kangxi sebagai 碁. Permainan ini disebut 바둑 (baduk) di bahasa Korea.

Bagaimana igo bisa berkembang?

Pengembangan sistem untuk bermain igo melalui Internet telah meningkatkan popularitasnya di belahan dunia lain.


Cara mainnya gimana sih ?

Kedua pemain, hitam dan putih, bertempur untuk memaksimalkan wilayah yang mereka kuasai, mengelilingi daerah besar di papan dengan batu-batunya, menjebak batu-batu musuh yang menyusup daerahnya, dan melindungi batu-batu mereka dari penangkapan. Strategi yang terlibat sangatlah halus namun kompleks. Beberapa pemain tingkat tinggi mendedikasikan waktu bertahun-tahun untuk menyempurnakan strateginya.

Apa pendapat orang tentang igo?

Bagi sebagian orang, igo adalah permainan strategi yang paling hebat karena mengalahkan catur maupun shogi dalam hal kompleksitasnya. Menurut saya statement di atas benar sekali. Banyak orang meremehkan. Igo itu apa, mainnya gampng gitu kayaknya, cuma batu gitu aja kok susah. Secara pribadi dulu saya juga begitu. Namun setelah terjun untuk belajar, jengjengjeng ternyata susah banget, sudah 3 bulan berjalan saya belajar dan belum bosan sama sekali.


Bagaimana teman? Sudah mulai paham dan penasaran ya? Jika penasaran dan mau tahu bagaimana cara mainnya ini ada video yang bisa teman pahami.


Video tersebut adalah part 1, teman bisa melanjutkan part 2, dst di youtube.

Jika teman ingin bermain online. Bisa bermain di FLYORDIE ataupun GOKGS.

Okay semoga bermanfaat ya teman. Jika ingin mengontak saya untuk belajar bersama, klik aja twitter di atas. Saya tunggu ya.

Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment