Sponsor Advertisement

Fakta Laut Mati

Fakta Laut Mati





Laut Mati merupakan sebuah laut yang diapit oleh negara Israel dan Palestina (Tepi Barat) di sisi barat, dan Yordania di sisi timur dan merupakan wilayah yang paling rendah di dunia. Posisinya adalah 422 meter di bawah permukaan laut. Laut mati terletak pada perbatasan antara Jordan dan bagian barat Palestina, laut mati memiliki titik terendah di bumi pada 1.300 kaki (400m) di bawah permukaan laut. Laut Mati sebenarnya bukanlah benar-benar
laut, melainkan hanya sebuah danau saja. Disebut laut karena danau ‘Laut Mati’ berair asin dan memiliki wilayah yang luas: panjang 47 mil dan lebar 10 mil, dengan total luas permukaan sekitar 360 mil.

Lah kok disebut laut mati? Hal ini dikarenakan laut ini memiliki tingkat keasinan yang tinggi. Laut Mati juga biasa disebut dengan Laut Garam karena perairannya mengandung 33,7% garam (sekitar 8,6 kali lebih banyak dari kandungan garam di laut biasa). Karena kandungan garamnya yang tinggi itu membuat kita dapat mengapung dengan mudah. Dari sini saja kita bisa bayangkan bagaimana ikan-ikan bisa hidup, bahkan berenang saja susah.

Asal Muasal 


Asal-muasal terjadinya Laut Mati disebutkan dalam kitab suci Umat Islam dan Kristen. Disebutkan bahwa Lot diperintahkan Tuhan untuk memperingatkan kaumnya yang melegalkan perilaku homoseksual. Karena umat mengabaikan seruan Lot, maka Tuhan memerintahkan Lot untuk menyingkir dari kota Sodom dan Gomorah. Laknat Tuhan datang melalui sebuah gempa vulkanis yang diikuti letusan lava, kota-kota tersebut diruntuhkan, lalu dijungkirbalikkan masuk ke dalam Laut Mati.




Fakta yang Kita Wajib Tahu


  1. Banyak orang menganggap bahwa hanya laut mati yang merupakan satu-satunya perairan dengan tingkat keasinan yang tinggi. Padahal sebenarnya ada peairan lain yang bahkan lebih asin lagi. Ini dia  Danau Assal di Djibuoti, Afrika. Danau ini memiliki kadar garam mencapai 40%.
  2. Keajaiban laut mati menjadi daya tarik bagi banyak orang dari berbagai penjuru dunia. Mereka tak hanya ingin merasakan mengambang di air. hal lain yang diincar para turis adalah lumpur Laut Mati yang dikenal sangat mujarab. Konon, lumpur Laut Mati bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit dan bisa menghaluskan kulit. Biasanya para pengunjung mengambil lumpur dari dasar laut. Lumpur yang berwarna hitam itu dibalurkan ke seluruh tubuh. Katanya nih luka dan jerawat bisa langsung kering dan sembuh. Tapi perih ga ya ?????
  3. Sebenarnya Laut Mati tidak benar-benar mati. Nah Lohh ?? Iya benar kalau masih ada kehidupan. Anggota tim Danny Ionescu melakukan penjelajahan ke dasar Laut Mati dan menemukan semburan air jernih  menyembur ke atas yang berisi makhluk mikroskopis yang biasa ditemukan pada batu di kondisi laut normal.


Source : teknologi.inilah.com, kasih-karunia.org, www.wherejesuswalked.org



Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

0 comments:

Post a Comment