Sponsor Advertisement

Kacang Hijau dan Manfaatnya

Kacang Hijau dan Manfaatnya




Kacang hijau adalah tanaman palawija yang sangat terkenal di daerah tropis. Tumbuhan yang tergolong kelompok suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki kandungan protein nabati yang tinggi, sehingga tumbuhan ini sangat berguna bagi manusia. Kacang hijau sudah menjadi kawan bagi masyarakat Asia khususnya Asia Timur dan Asia Tenggara, yang artinya Indonesia juga merupakan konsumen kacang hijau yang besar. Setiap hari kita dapat menemukan kacang ini di manapun terutama di pasar, baik dalam bentuk mentah maupun jajanan.

Selain mudah untuk diolah ternyata kacang hijau memiliki berbagai manfaat lohh. mau tau ? Ini dia :


Kacang hijau merupakan makanan yang rendah kolesterol. Bagi kita-kita yang bermasalah dengan kolesterolnya, makanan ini sangat membantu dan bisa dimakan setiap hari. Tumbuhan ini juga memiliki serat diet yang tinggi. Makanan yang tinggi akan serat larut sangat bermanfaat untuk menurunkan kadar LDL atau kolesterol jahat. Sangat disarankan untuk mengkonsumsi sekitar 10 sampai 25 gram serat larut untuk menurunkan kolesterol dan kacang hijau mengandung 1.9gram total serat per cangkirnya.

Untuk para wanita Kacang hijau juga berperan penting karena dapat mencegah kanker payudara, mengatur hormon menopause.  Kacang hijau dan beberapa biji-bijian mengandung protease yang dapat memperlambat berkembangnya sel kanker, termasuk yang dapat ditemukan di kanker payudara. biji-bijian ini juga dapat mencegah tumor. Kacang hijau mengandung isoflavone yang cukup tinggi, Zat ini bermanfaat untuk mengatur aktifitas hormonal.

Kacang hijau juga mengandung asam folat yang dibutuhkan ibu hamil. Kenapa ? Karena asam folat menghidari kelahiran bayi yang cacat dan meningkatkan kecerdasan bayi.



Sekian info dari saya semoga postingan ini dapat bermanfaat bagi semua teman-teman. Namun tetap ingat bahwa hidup sehat bukan hanya dari makanan tetapi juga dari pola hidup, seperti olahraga dan istirahat yang cukup. (Renn Nathanniel)



Source : id.wikipedia.org, www.kesehatan123.com
Share on Google Plus

About Unknown

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
    Blogger Comment

2 comments:

  1. hmm makasih infomanya, memang benar kacang hijau banyak manfaatnya, tapi q cuma mau ingatkan klo kebanyakan makannya, ya tidak baik karena dapat menimbulkan penyakit "ASAM URAT" hehehehe.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar kawan smua klo berlebihan emang ada efek ga baik hrs diimbangi dgn olahraga supaya maksimal khasiatnya :D

      Delete